Rabu, 23 Oktober 2013

Sniping Equation ( Pengukuran Jarak Tembak Seorang Sniper ) 

 

Rumus :
(size of target in yard * 1000) / MIL reading = range (yard)
(size of target in inchi * 27.778) / MIL reading = range (yard)
(size of target in inchi * 25.4) / MIL reading = range (meter)


Rumus diatas untuk menghitung jarak (yard/meter) dengan menggunakan scope, yang dimaksud MIL disitu adalah satuan garis (reticle) yang ada di telescope istilahnya adalah Mil dot .

Gunanya setelah mengetahui jarak sasaran yg telah dihitung dgn rumus di atas misalnya :
Tinggi sasaran kira-kira 2 yard, dalam scope (alat intai senjata) terlihat setinggi 4 mils, maka jarak sasaran adalah (2 x 1000)/4 = 500 yard maka setelah kita zeroing senapan maka kita putar kenop atas scope kita ke angka 5. Selain itu masih ada parameter lain untuk menembak yaitu kecepatan angin,
suhu, kelembaban, mirage dsb. Sebenarnya besarnya kelembapan, temperature, barometric pressure, rotasi bumi, lattitude dan coriolis effect akan terasa secara signifikan untuk sasaran yang berjarak di atas 2000 yard, untuk di range card biasanya untuk jarak di bawah itu. Untuk mengukur parimater tsb diatas dengan barometer, altimeter, thermometer. Untuk rumus menghitung jarak dengan mil dot sudah bener, bedakan antara tingga/lebar sasaran dengan yard/meter.

MOA (Minute of Arc) adalah ukuran 1/60 dari satu derajat, yang artinya 1 MOA 1/60 x 1/360 = 1/21.600, MOA merupakan ukuran untuk mengukur akurasi suatu senjata. 1 MOA berarti suatu senapan mempunyai akurasi tembakan grouping tidak lebih dari 1 inci jika ditembakkan dalam 100 yard. Jadi makin kecil nilai MOA (kita anggap simpangan) suatu senjata maka makin akurat senjata tersebut.

Dua hal penting bagi seorang sniper adalah :
1. Keseimbangan emosi. Mampu mengontrol emosi, sabar dalam menghadapi berbagai situasi, termasuk dalam melakukan rencana penembakan atas target.
2. Keahlian lapangan. Sniper harus familiar dengan situasi kondisi lapangan. Memiliki pengetahuan mengenai alam sekitar, bila perlu tentang flora dan fauna.


sumber

Tidak ada komentar: